Skenario pembelajaran
Strategi Belajar Mengajar
Skenario Pembelajaran di Kelas
Pendekatan : Student Centered Approach
Metode : Cooperative Learning
Teknik : Diskusi kelompok, tanya jawab
Model : Jigsaw
Disini saya akan menulis skenario yang akan saya lakukan jika mengajar di kelas.
Sebagai seorang guru yang profesional tentunya saya harus tetap memperhatikan kode etik guru, dan menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat mematikan mental ataupun kreatifitas siswa saya. Dan tentunya, sebelum saya memasuki kelas saya sudah harus memperhatikan poin-poin penting seperti :
1. Tujuan(KI, KD, Indikator, dll)
2. Pesan yang menjadi isi materi yang akan saya sampaikan.
3. Siswa yang aktif
4. Guru sebagai pelaksana(saya)
5. Metode yang saya pakai
6. Situasi pembelajaran
7. Evaluasi
Jika saya sudah memahami poin tersebut, saya tentunya akan berhasil dalam menyampaikan materi saya. Sebelum saya memasuki kelas, mungkin malam nya saya sudah mempersiapkan materi saya dan memikirkan metode yang akan saya pakai yaitu Cooperative Learning. Saya akan membaca terlebih dahulu materi yang ada di buku paket. Dengan metode ini saya memiliki gambaran akan menayangkan video lalu mengelompokkam siswa saya dan membiarkan mereka diskusi setelah itu akan ada nya tanya jawab.
Pada saat masuk kelas tentu nya saya akan mengucapkan salam dan tak lupa memberi senyuman agar menciptakan energi positif. Tak lupa membudayakan 5S yaitu Senyum Salam Sapa Sopan Santun. Saya juga berusaha menjadi guru yang 3B yaitu Beauty (menarik, bersih, dan enak dipandang), Behaviour (ramah, friendly, ceria, asik, tidak mudah tersinggung, dan interaktif di kelas), dan Brain (Cerdas, dan berwawasan luas).
Ketika saya menggunakan cooperative learning yg artinya saya akan mengelompokkan murid saya. Maka setelah saya membuka pelajaran saya akan menyinggung terlebih dahulu apa yang menjadi materi pada hari ini. Contoh nya saja mengenai Teks Deskripsi, saya akan menyampaikan apa itu Teks Deskripsi, ciri-ciri nya dan bagaimana membuat Teks Deskripsi tersebut. Lalu saya akan menampilkan Video yang berhubungan dengan materi lalu saya mengajukan pertanyaan apa yang murid saya ketahui dari video tersebut. Hal itu mampu menumbuhkan partisipasi aktif dari murid saya. Lalu saya akan meminta mereka untuk membuka buku paket dan saya akan menjelaskan materi tersebut.
Selanjutnya saya akan membagi mereka murid saya menjadi beberapa kelompok, meminta mereka diskusi dan membuat contoh dari Teks Deskripsi, saya akan mengamati mereka ketika diskusi, memberi waktu juga agar mereka lebih antusias, dan meminta mereka persentasi dari hasil yang mereka diskusikan.
Tahap selanjut nya membuat simpulan dan saya menutup palajaran pada hari ini dengan salam dan berdoa sebelum pulang.
Lalu saya pulang ke rumah, dan melakukan aktifitas seperti biasa dab menyiapkan materi untuk pertemuan selanjutnya.
Terima kasih
Skenario Pembelajaran di Kelas
Pendekatan : Student Centered Approach
Metode : Cooperative Learning
Teknik : Diskusi kelompok, tanya jawab
Model : Jigsaw
Disini saya akan menulis skenario yang akan saya lakukan jika mengajar di kelas.
Sebagai seorang guru yang profesional tentunya saya harus tetap memperhatikan kode etik guru, dan menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat mematikan mental ataupun kreatifitas siswa saya. Dan tentunya, sebelum saya memasuki kelas saya sudah harus memperhatikan poin-poin penting seperti :
1. Tujuan(KI, KD, Indikator, dll)
2. Pesan yang menjadi isi materi yang akan saya sampaikan.
3. Siswa yang aktif
4. Guru sebagai pelaksana(saya)
5. Metode yang saya pakai
6. Situasi pembelajaran
7. Evaluasi
Jika saya sudah memahami poin tersebut, saya tentunya akan berhasil dalam menyampaikan materi saya. Sebelum saya memasuki kelas, mungkin malam nya saya sudah mempersiapkan materi saya dan memikirkan metode yang akan saya pakai yaitu Cooperative Learning. Saya akan membaca terlebih dahulu materi yang ada di buku paket. Dengan metode ini saya memiliki gambaran akan menayangkan video lalu mengelompokkam siswa saya dan membiarkan mereka diskusi setelah itu akan ada nya tanya jawab.
Pada saat masuk kelas tentu nya saya akan mengucapkan salam dan tak lupa memberi senyuman agar menciptakan energi positif. Tak lupa membudayakan 5S yaitu Senyum Salam Sapa Sopan Santun. Saya juga berusaha menjadi guru yang 3B yaitu Beauty (menarik, bersih, dan enak dipandang), Behaviour (ramah, friendly, ceria, asik, tidak mudah tersinggung, dan interaktif di kelas), dan Brain (Cerdas, dan berwawasan luas).
Ketika saya menggunakan cooperative learning yg artinya saya akan mengelompokkan murid saya. Maka setelah saya membuka pelajaran saya akan menyinggung terlebih dahulu apa yang menjadi materi pada hari ini. Contoh nya saja mengenai Teks Deskripsi, saya akan menyampaikan apa itu Teks Deskripsi, ciri-ciri nya dan bagaimana membuat Teks Deskripsi tersebut. Lalu saya akan menampilkan Video yang berhubungan dengan materi lalu saya mengajukan pertanyaan apa yang murid saya ketahui dari video tersebut. Hal itu mampu menumbuhkan partisipasi aktif dari murid saya. Lalu saya akan meminta mereka untuk membuka buku paket dan saya akan menjelaskan materi tersebut.
Selanjutnya saya akan membagi mereka murid saya menjadi beberapa kelompok, meminta mereka diskusi dan membuat contoh dari Teks Deskripsi, saya akan mengamati mereka ketika diskusi, memberi waktu juga agar mereka lebih antusias, dan meminta mereka persentasi dari hasil yang mereka diskusikan.
Tahap selanjut nya membuat simpulan dan saya menutup palajaran pada hari ini dengan salam dan berdoa sebelum pulang.
Lalu saya pulang ke rumah, dan melakukan aktifitas seperti biasa dab menyiapkan materi untuk pertemuan selanjutnya.
Terima kasih
Komentar
Posting Komentar